.

.

Resep Kue Kastengel Keju Special

 Kastengel Keju Special

 Kue ini selalu ada di saat lebaran,,keluarga saya sukaaa bgt sama si kue keju ini. Belum habis lebarannya biasanya kue ini udah habis duluan,,hehehe.
Ini saya kasih resep Kue Kastengel Keju Special yg rasanya di jamin lebih enak daripada kue kastengel yg biasanya,,di jamin mantap dech!

**UPDATED**
 Resep Kue kastengel Keju Special ini saya updated, bahannya sech tetap sama yaaaach, cuma cara pembuatannya saya perjelas. Plus saya tambahin tips & trik (kayak sulap aza pakai trik,,hahaha) agar bikin kastengelnya sukses!

**Resep Kue Kastengel Keju Special**

Bahan-bahan :
- 200 gr unsalted butter / mentega tawar
- 100 gr margarin
- 3 btr kuning telur
- 1 sdt garam
- 1 sdt kaldu ayam bubuk
- 250 gr keju tua (bisa memakai keju parmesan / edam / gouda) , diparut
- 50 gr susu bubuk full cream
- 450 gr tepung terigu protein rendah

Bahan olesan & topping :
- 1 kuning telur ayam, kocok
- 1 sdm madu
- 50 gr keju cheddar, diparut

Cara membuat :
1. Kocok butter, margarin, garam, kaldu ayam bubuk, menggunakan mixer kecepatan sedang hingga rata.
2. Masukkan kuning telur satu persatu, aduk kembali hingga rata.
3. Ayak terlebih dahulu tepung & susu, lalu masukkan kedalam adonan sedikit demi sedikit sambil terus di aduk rata.
4. Masukkan keju parmesan / edam / gouda yang telah diparut, aduk sampai rata.
5. Giling adonan setebal 0,8 cm. Potong-potong dengan ukuran kira-kira panjang 5 cm & lebar 0,8 cm.
6. Simpan adonan yang telah dibentuk di atas loyang yang telah di olesi sedikit margarin.
7. Campur 1 kuning telur dengan 1 sdm madu untuk bahan olesan. Olesi setiap adonan dengan bahan olesan, lalu taburkan keju cheddar parut diatasnya sesuai selera anda.
8. Panggang sampai matang pada oven dengan suhu 160-170º selama kurang lebih 30 menit atau sampai matang.
9. Setelah matang dinginkan terlebih dahulu kastengel di atas rak kawat atau diamkan di loyangnya hingga mendingin, baru di masukkan ke dalam toples.


#CATATAN#
1. Agar hasil kastengelnya sempurna gunakan tepung terigu protein rendah, jangan tepung terigu biasa!  Ada banyak merk tepung terigu protein rendah dipasaran tapi saya biasa memakai merk Kunci Biru.
2. Keju yang dipakai untuk adonan kastengel bisa menggunakan keju parmesan, keju edam atau keju gouda. Pilih salah satu jenis keju saja yang sesuai selera (& kemampuan kantong) anda, hehehe.
3. Ukuran bahan-bahannya yang pas yach timbangannya, jangan sampai ada bahan yang terlalu banyak, atau kue  kastengel anda akan gagal jadinya. 
3. Saya biasa mengaduk adonan menggunakan mixer spiral, tapi ketika adonan terigu telah masuk, akan sulit mengaduk menggunakan mixer. Anda bisa memakai spatula kayu atau tangan untuk meng-uleni (bener gak sech, kata-katanya, hahaha beribet gitu) adonan. Jangan lupa pakai sarung tangan plastik ya kalau mau ngulenin pakai tangan *biar higienis gitu*.
4. Panaskan oven terlebih dahulu sebelum memanggang kue, agar proses pemanggangan kuenya  maksimal. Tes dulu suhu dalam oven sebelum memasukkan loyang kue.
5. Jangan menyimpan kue yang baru matang, alias masih panas langsung kedalam toples atau kue akan gampang hancur. Selalu dinginkan dahulu kue sebelum dimasukkan kedalam toples atau wadah tertutup. 
6. Oh ya, the most important is....tekstur kue kastengel saya ini memang lebih lembut alias tidak terlalu garing yach. Ini dikarenakan karena saya tidak memakai soda kue :-)
 

 Ayoooo...silahkan dicoba resep Kue Kastengel Keju Special saya ini. Kalau sudah jadi jangan lupa laporan sama saya yach, kalau perlu kirimin saya hasil kuenya 1 toples! hahahahaha


**UPDATED POST**

 Nah, kalau ini kastengel yang saya bikin pas lebaran kemarin. Karena bosan dengan kastengel bentuk panjang-panjang, jadi saya bikin kastengel berbentuk bulat dengan cekungan ditengahnya yang diisi dengan lebih banyak lagi keju parut! Adonannya sama kayak resep di atas tapi dikasih extra 100 gram cream cheese. Kue ini jadi favorite baru di keluarga saya karena rasanya lebih cheesy! Kue ini saya kasih nama Button Cheese Kastengel (^_^)

Button Cheese Kastengel
Siap masuk kedalam oven.....
Button Cheese Kastengel
Menggiurkan bukan???????


(^_~)* HAPPY COOKING..!! 
Suka dengan resep saya? Jangan lupa klik LIKE dan SHARE yach,,Terima Kasih!

57 comments:

  1. bunda mo tanya, yg di maksud mentega tawar itu yg mana?
    mentega putih butter???

    ReplyDelete
    Replies
    1. mentega tawar itu maksudnya unsalted butter yach, mentega plain tnp tambahan garam :-) bukan mentega putih, kalau mentega putih itu white butter :-)

      Delete
    2. unsalted butter yang biasa dipasaran apa yah bun? bingung carinya
      makasih

      Delete
    3. ada banyak merknya...ada Orchid, Wijsman, Kraft juga ada...tapi kalau saya biasa pakai merk Orchid yang warna biru kemasannya

      Delete
  2. bund, waktu bikin adonan nya, waktu masukin kuning telur dan seterusnya itu di aduk rata pake mixer ato ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya pakai mixer tapi yang spiral. Tapi bila merasa kesusahan mengaduk dengan mixer bixa menggunakan bantuan spatula kayu :-D

      Delete
  3. Bunda, rasa kastangelnya enak banget. Tapi kok jadi basah ya kalo udah dingin. Jadi nggak garing. Padahal udah saya panggang dengan api kecil sampai kuning keemasan. Apa karna saya pake keju edamnya kraft. Atau emang kastangelnya mode
    begitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya bunsay,,aku lupa kasih keterangan resep kastengel ini hrs pakai terigu protein rendah agar hasilnya lebih renyah. Nah, masalah kue kastengel bunsay hasilnya basah, saya agak bingung basahnya segimana yach? :-D saya baru saja meng-update resep saya, agar bunsay tdk bingung..tekstur kastengel saya ini memang lembut alias tidak terlalu kering. Tapi bila kastengel bunda terlalu basah hingga lembek gitu, mungkin bunda terlalu banyak menggunakan mentega. coba dicek lagi takarannya :-)

      Delete
  4. Kue kastangelnya mantap enak gurih, bnyk yg muji "maknyus" di lidah (((: besok rencana mau buat lagi dengan resep yg sama hehehe. Thx bun (((:

    ReplyDelete
    Replies
    1. (^_^) ayoo buat yg banyak untuk lebaran!

      Delete
  5. Udah bikin mbak.. en enaaakkkk bgt..
    tp sayang aku bikinnya ketipisan.. jd agak gosong gitu.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin lagi aza bun,,jgn terlalu tipis yach,,enakan yg tebel2 kan,,hehehehe

      Delete
  6. kalau kue kastengel saya gampang hancur ( sangat raouh ) kalau di pegang ketika akan dimasukka ke toples, pdhl sudah ditunggu agak dingin.. kenapa tuh.....??? mhn solusinya

    ReplyDelete
  7. Mbakk thank you resepnyaa sudah dicoba enak sekali :)

    ReplyDelete
  8. Pengen coba buat juga ahh.. Bun klo di kantor tu temen ada yg jual pake wisman katanya.. Itu bisa dipakai utk campurannya dgn resep bunda diatas? Tengkiuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wijsman itu merk butter, memang si butter wijsman ini punya ciri khas aromanya yang wangii sekali, hasil kue pun jadi lebih lembut. Jadi resep saya ini pun bisa banget pakai wijsman, gak perlu di ubah lagi resepnya, tinggal beli aza butternya yg merk wijsman, karena sebenarnya saya juga sering pakai wijsman tapi di resep di atas saya gak mau sebut merk, hehehe

      Delete
  9. Bun kl cream cheese pake merek apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya biasa pakai merk elle & vire atau kraft..tapi kalau mau hemat beli saja di toko bahan kue, ada kok cream cheese yg ditakar per ons, harga terjangkau tapi rasa enak :-)

      Delete
  10. Bun, kalau ngaduknya ga pakai mixer bisa nggak yah?terus mau tanya juga nih, kenapa tepung dan susunya harus diayak dl bun?trims infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok pakai kocokan tangan juga, tapi bakal rada pegel yach,,xixixixi
      iya tepungnya di ayak dulu sm susu bubuk agar tercampur rata & tidak menggumpal di adonan. biasakan semua bahan bubuk di ayak dulu sebelum dijadikan adonan ya (^_^)

      Delete
  11. Bund....kalo tepung terigu nya pakai yg protein sedang spt segitiga biru hasilnya gimana ya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya bisa saja, tapi hasilnya lebih renyah kering, kalau pakai protein sedang dia jadinya lebih empuk lembut tapi tetap renyah juga sech :-D jadi bisa disesuaikan dengan selera bunda Dyah..

      Delete
  12. Bun kl pake butternya yg asin gimana bisa tdk (anchor)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga kok, anchor agak terasa asinnya ya, jadi takaran garamnya dikurangi saja jadi 1/2 sdt..agar rasanya tak terlalu asin :-)

      Delete
  13. Bun..mau tanya kalo ditambahkan cream cheese gmn caranya? Apakah garam tetap dikasih jg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua bahan tetap sama kok, cuma dikasih cream cheese agar rasa kejunya lebih terasa & gurih serta kastengelnya lebih lembut..tak perlu mengurangi garam karena rasa cream cheese gak terasa asin kok :-)

      Delete
  14. Bun mo nanya pk mentega ny merk apa,,trs unsalted butterny bunda pk apa,,biar sama plek2 hslny hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. margarin=blueband & unsalted butter=orchid.....semoga hasilnya sama persis plek-plek yaaa...xixixixi

      Delete
    2. Bun klo wisman itu unsalted butter kn siy,hehe mohon blsnnyaa,,enakan mn pk orchid apa wisman,,takut ny lembek bgt pk wisman

      Delete
    3. wijsman juga ada 2 rasa..yg salted & unsalted....kalau saya biasa pakai merk orchid karena kalau pakai wijsman rasa kue jadi cenderung sedikit `manis` rasa & aromanya, sedangkan resep kastengel saya pakai kaldu ayam,,,hehehe

      Delete
  15. Bun klo boleh tau pake kaldu ayamnya merk apa? Bisa gk ya diganti sm royco penyedap rasa kaldu ayam? Gk nemu soalnya hehehe :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aza kok, pakai penyedap rasa ayam apa saja..mau merk royso, masaka atau knorr juga bisa :-) sesuai yg ada di daerah kamu aza,,hehehe

      Delete
  16. Wah jadi penasaran nih bun pengen cepet2 coba bikin juga. Tp aku blm pernah bikin kue sendiri.. mudah2an aku bisa kaya bunda2 smua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belajar bikin kue nanti lama2 juga jago,,,saya dulu waktu pertama belajar bikin kue gosong 1/2nya tp tetap dimakan karena rasanya membuat kue sendiri itu tetap lebih enak daripada yg dijual walopun gosong,,hahaha

      Delete
  17. Bund, cream cheese nya dikasih pd saat kapan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cream cheese itu optional yach, boleh dipakai atau tidak...masukkan cream cheese saat meng-uleni adonan alias terakhir..

      Delete
  18. bun, satu resep diatas matengnya jadi brp gram ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya stengah resep jdnya 500 gr

      Delete
    2. hehe sama seperti bun yuniarti, jadinya 500 gr. Pas untuk 1 toples uk sedang, kalau mau bikin banyak di 'double' kan aza ya bahan2nya :-)

      Delete
  19. Wah makasih yaa bun atas sharingnya, sukses teruus hehehehe :-D

    ReplyDelete
  20. Bunda, klo misalkan pke soda kue takarannya seberapa yaa??

    ReplyDelete
  21. Bunda, saya sudah coba resepnya. Enak dan renyahhhh, pdhl sy pake terigu protein sedang. Makasih resepny ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klu pakai terigu cakra gimana bund............apa beda mentega sama margarin

      Delete
  22. Bunda mau nanya.. Resep kastengel-nya pake cheese yg paling enak yg mana ya? Parmesan? Edam? Gouda? Menurut pengalaman bunda. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya sih keju edam.

      Delete
    2. kalau saya keju edam pilihan pertama, parmesan untuk topping atasnya,,untuk campuran adonan agar lebih terasa keju tp sedikit hemat bisa memakai cream cheese

      Delete
  23. Bunda, klo tdk pakai kaldu ayam apakah ada pengaruhnya dgn rasa dan tekstur Castengel ? Lalu jika adonan masih menunggu giliran utk dioven apakah boleh ditaruh di suhu ruang atau di kulkas? Terima kasih bunda...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ngaruh sama tekstur tapi ngaruh bgt sama rasa yaaaa...jadi kalau pakai kaldu ayam kastengelnya lebih gurih ke arah asin bukan manis...tapi kalau kurang suka, atau lebih ingin rasa kastengel yg ke arah keju manis bisa dihilangkan saja kaldunya.....lebih baik disimpan disuhu ruang, jangan disimpan di suhu kulkas ya...karena nanti adonannya akan dingin & berakibat ke tekstur kue menjadi keras

      Delete
  24. Bunda...aku udah nyobain resepnya...enyakkkk
    tp kok pnyku jadinya keras yach T^T
    kt temen kantorku teksturnya kurang renyah/garing...malah lebih ke keras hikss....T_T
    aku udah ngikutin caranya...cm utk unsalted butternya kelebihan 27gr dan kejunya aku lebihin jg (yg topingny) klo yg buat adonanny paslah (udah aku timbang) :p hehehe
    apa krn "masuk angin" ya mkny jadi keras teksturny? :'(
    soalny aku g langsung masukin ke toples tp aku biarin aja dulu (lbh dari 2 jam) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiy aku pake kejunya bukan yg ada di resep tp aku sesuain dng kantong anak kosan :p heheheh model kraft single gtu :D

      Delete
    2. Hallo say,,senang bila kamu suka resepnya :-)
      Kalau menurut saya tidak langsung masukin kue toples bukan penyebabnya, justru kalau langsung dimasukin nnt kue akan mudah hancur teksturnya.
      Kue/cookies menjadi keras bila adonannya terlalu lama di uleni, jangan terlalu kuat dan lama saat menguleni agar adonan tidak mengaret dan kue menjadi liat/keras. sebelum membuat adonan, pastikan tepungnya sudah di ayak agar butiran tepungnya menjadi halus & tidak menggumpal. Masalah beda merk keju juga gak pa-pa kok,,disesuaikan dengan kantong aza,,hehehehe
      Kalau mau tekstur kastengel yg lebih lembut bisa ditambahkan cream cheese seperti resep button cheese kastengel

      Delete
  25. bun, baru nyoba resepnya tadi siang, tp tanpa madu krn ga ada madu. Tepungnya juga pakenya yg segitiga biru (protein sedang).. jadinya.. MANTAAAP..! makasi bunda resepnya,, bahkan mertua saya yg jarang muji bilang kastengel say ueenaaak tenaaan... hahahahaha... makasi bundaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah senang bila sukses bikin kuenya,,itu jadi enak karena pakai resep rahasia yg cuma masing2 yang bikin kue yang bisa kasih.....yaitu cinta! wkwkwk *lebay* semua bahan resep di atas masih bisa disesuaikan, tapi kalau bikinnya gak pake cinta pasti jd gak enak,,hehehe...sering2 masakin mertua ya, biar mertua & anaknya makin cinta ke kamu,,hehehehehe

      Delete
  26. Makasiih byk ya bunda buat resepnya..oya aku mau tanya bun..kuenya kan ngga pake pengawet..itu bisa tahan berapa lama ya kl disimpan di room temperature..trus buat olesan diatas itu pake madu jg biar tambah apa ya bun...
    Kl ada resep kue lainnya bisa share jg hehee...sukses selalu ya bun..

    ReplyDelete

Hai....Silahkan tinggalkan komentarnya yach! Saya dengan senang hati akan membaca dan membalas semua komentar. But please...jangan komen spam yach! Saya akan menghapus komen spam yang tidak berhubungan dengan postingan. Terima kasih!!!