.

.

Cara Membuat Kentang Goreng Renyah

kentang goreng renyah

  Kentang goreng memang cemilan yang pas dech buat teman nonton tv atau berkumpul bersama keluarga, kentang goreng juga cocok untuk menu bekal makanan anak, piknik, dan pendamping ayam goreng tentunya. Tetapi terkadang kita sebal karena kentang yang baru saja kita goreng sudah lepek atau lemes setelah di goreng, gak renyah lagi. Nah, ini saya kasih tau cara menggoreng kentang agar tetap renyah dalam waktu lama tanpa pengawet tambahan looh. Ini cara membuat kentang goreng renyah dari kentang yang kita beli kiloan yach, bukan beli kentang goreng beku di supermarket, bikin sendiri jauh lebih murah!

Bahan-bahan:
-Kentang mentega (sebenarnya kentang apa saja jg bisa tapi kentang mentega mempunyai rasa yang lebih enak dan berukuran besar, cocok untuk jadi kentang goreng)
-Air untuk merebus
-Tepung Terigu serbaguna
-Penyedap rasa atau Garam halus, secukupnya

-Minyak goreng, secukupnya

Cara Membuat:
1. Kupas kentang lalu potong berbentuk persegi panjang, kemudian dicuci dalam air bersih yang mengalir (air keran) sampai air cucian kentang terlihat cukup bening. Ini dilakukan untuk menghilangkan getah kentang. Karena getah kentang inilah yang membuat kentang goreng akan cepat menjadi lembek.
2. Rebus air dalam panci yang telah diberi sedikit garam, ketika airnya mendidih masukkan kentang yang sudah dicuci, lalu rebus selama 5 menit, angkat, tiriskan.
3. Selagi masih panas taburi kentang dengan tepung terigu dan tambahkan penyedap rasa atau garam sesuai dengan selera.
4. Pastikan tepung menyelimuti seluruh kentang, bila perlu beri tepung lebih banyak.
5. Simpan kentang yang telah di baluri tepung dalam wadah tertutup lalu simpan didalam freezer kulkas selama 1 jam atau lebih sebelum digoreng.
6. Panaskan minyak goreng, gunakan api sedang. Goreng kentang hingga seluruh bagian kentang terendam minyak. Bolak-balik kentang sampai matang dan berwarna kuning keemasan. Angkat, tiriskan.
7. Kentang goreng siap disajikan dengan tambahan saus sambal atau mayonnaise.


# CATATAN #

1. Jangan menambahkan tepung beras atau aci walaupun dapat membuat gorengan semakin renyah tapi cenderung akan membuat kentang saling melengket.
2. Kentang bisa disimpan di dalam freezer hingga 2 minggu. Kentang yang beku akan semakin membuat kentang renyah setelah di goreng.
3. Pastikan selalu menggoreng dengan menggunakan minyak yang masih baru agar hasil kentang goreng lebih renyah dan bersih.
4. Masukkan kentang dalam minyak yang panas, dan selalu gunakan api sedang agar kentang tidak cepat gosong.
5. Agar tidak berminyak, sebelum disajikan kentang yang sudah digorang ditiriskan dahulu, alasi dengan kertas tisu agar minyak menyerap ke kertas tisu, baru sajikan.
6. Bila suka setelah digoreng kentang bisa diberi tambahan bubuk cabe untuk rasa yang lebih pedas atau bumbu bubuk kentang goreng lainnya sesuai selera anda.



(^_~)* SELAMAT MENGGORENG KENTANG 
Suka dengan resep ini? jangan lupa klik LIKE dan SHARE yach,,Terima kasih !!

111 comments:

  1. oh jadi hrs dicuci sampai airnya bening....., bener kalo gitu, punya gue selalu lembek.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, soalnya kentang itu ada getahnya yg agak terasa lengket itu. makanya harus di cuci hingga bersih, agar getahnya benar2 tdk tersisa lg. Getah kentang itu yg bikin kentang gampang lembek setelah di goreng ;-)

      Delete
  2. punya resep cara membuat fondant yg buat cupckaes bund ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini resep fondant buat cupcake & cara membuatnya yach,,
      Bahan :
      - 60 gr mentega putih
      - 30 cc air
      - 30 cc air perasan lemon
      - 750 gr gula halus

      Cara :
      1. Panaskan mentega bersama air dan air lemon di atas api sedang.
      2. Masukkan 250 gr gula halus ke dalam mentega sampai membentuk pasta lembut dan didihkan dengan api kecil kemudian angkat.
      3. Campurkan lagi gula halus sampai tidak lengket.
      4. Siapkan tatakan bersih di meja dan ditaburi dengan gula halus.
      5. Pindahkan adonan fondant ke atas tatakan. Tambahkan gula halus dan uleni sampai kalis atau adonan tidak lengket lg di tangan dan penampilannya sdh halus.
      6. Adonan fondat dpt diwarnai dengan memberi pewarna makanan beberapa tetes sesuai dengan warna yang diinginkan dan diuleni sampai warna tercampur rata yach.
      7. Selanjutnya adonan digilas dengan rolling pin sampai ketebalan kurang lebih 3 mm, lalu adonan fondant dapat dibentuk sesuai yang bentuk dikehendaki menggunakan cetakan, cutter atau hanya dengan tangan.
      8. Selanjutnya permukaan cupcake diolesi dengan selai tipis-tipis (selai rasa yg sesuai dgn cupcake saja sebagai lem saat fondant akan ditempel ke permukaan cupcakes.
      9. Tempel fondant ke atas permukaan cupcakes dan tekan-tekan dgn lembut agar fondant dapat merekat dengan kuat.

      (^_~)* Selamat memasak

      Delete
    2. kalau kentang yg di kukus pakai alumunium fail,di ksh susu,keju,garam dan lada.caranya gmn sih?sy buatnya kok g se enak yg di restoran ya.tq

      Delete
    3. Mungkin maksudnya mashed potato yach? bisa dilihat resepnya disini (^_^)
      http://ibumudabijak.blogspot.com/2012/12/mashed-potato-with-extra-cream-cheese.html

      Delete
    4. atau mungkin maksudnya baked potato yaaach :-D hehehe saya baru aja buat,,intip resepnya disini yach :-D
      http://ibumudabijak.blogspot.com/2013/01/baked-potato-with-broccoli-cheese-sauce.html

      Delete
    5. bun mau nanya kalau resep kentang goreng diatas bisa dipakai buat resep kentang spiral tidak ya?tq

      Delete
  3. wah makasih banget yah bund.....

    ReplyDelete
  4. Bun, bisa disebutkan merek terigu serba guna yg dimaksud di resep ini? Thanks ya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya, Tepung terigu segitiga biru.
      Tapi kalau mau pakai tepung bumbu serbaguna seperti sajiku atau sasa (yg biasa untuk goreng ayam fried chicken) juga bisa kok! Nah lebih enak lagi kalau dicampur, jadi tepung terigunya dikurangin dikit, di tambah tepung bumbu serba guna merk sajiku atau sasa, nah nanti rasa kentang gorengnya lebih 'berbumbu' (^_^)

      Delete
  5. Lezatnya kentang goreng, makasih panduan cara membuatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kembali kasih (^_^) Selamat memasak yach,,sekali membuat dijamin pasti jadi ingin buat kentang goreng terus, hehehe.

      Delete
  6. untuk mengethui kentang mentega atw bukan bgmn caranya, apakh dipasr tradisional ada, klo irisan kentang dibuat seperti kripik singkong apakah bisa? trimakasih bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di pasar juga ada kok (^_^) di lihat dari ciri2 fisiknya aza, kentang mentega bentuknya lonjong, dan berukuran paling besar dibandingkan dengan kentang jenis lain. Bisa saja dibentuk seperti keripik agar semakin renyah tapi simpan di kulkasnya lebih lama yach, karena untuk bikin keripik kentang yg renyah harus dari kentang yg beku.

      Delete
  7. Ohh gini caranya, biasanya ibu aku kalo bikin kentang goreng langsung digoreng... Pantesan aja lembek
    Thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama...Silahkan mencoba cara yang ini, dijamin tetap renyah walaupun sdh berjam-jam (^_^)

      Delete
  8. maksudnya di freezer dikasih beku atau dikasih dingin...!?
    thanks sebelumnya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi beku is the best,,tapi kalau udah gak sabar mau makan kentang goreng jadi dingin juga cukup kok :-) minimal 1 jam di freezer

      Delete
  9. bun... bisa gak kalo kentang itu di ganti sama ubi unggu/ ubi jalar lain..? di tempat ak banyak ubi soalnya....hehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ide menarik nech pakai ubi ungu (^_^) bunda juga suka bikin dari ubi jalar merah tapi hasilnya akan menjadi akan cenderung seperti keripik, lebih renyah & garing. keripik ubi ini bisa disimpan di toples setelah di goreng untuk cemilan.

      Delete
  10. bun, kalau di freezer kan jadi ber air, itu langsung digoreng apa dikasih tepung lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. berair itu berarti suhu freezernya kurang dingin, bisa di siasati dengan menyimpan kentang di wadah yg terbuka (tidak ditutup) agar tidak berembun & berair...seharusnya bila disimpan di freezer yg suhu dinginnya bagus akan membuat kentang menjadi beku...jadi langsung di goreng tanpa di beri tepung lagi (^_^)

      Delete
    2. jadi di gorengnya pas beku-bekunya ya bun?!

      Delete
  11. enak tuh kalau sudah matang bagi-bagu yah

    ReplyDelete
  12. makasih resep pembuatan kentang gorengnya.....

    ReplyDelete
  13. Bun, untuk yg resep fondant, gula halusnya 750gr, yg dmasukin k panci 250gr, yg 500gr nya dtabur d tatakan smua?

    ReplyDelete
  14. mantab nih resepnya mba... bisa di coba resepnya...

    ReplyDelete
  15. sukka,, sukka banget sista resepnya,,
    xixixi baru nemu blog ini langsung jatuh hati ne gara2 si kentang renyah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. (^_^) Terima kasih..
      Silahkan lihat resep-resep yang lainnya siapa tau semakin jatuh hati atau malah bikin laper! hehehe

      Delete
  16. terima kasih resepnya, mba^^

    saya udah coba berkali2 bikin kentang goreng tapi kok ga bisa renyah....
    membantu sekali tipsnya. semoga berhasil kubuat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih belum sukses juga bikin kentang goreng renyahnya?
      coba diulangin lagi step by step di atas, atau mungkin ada bagian yg bikin bingung bisa ditanyakan secara spesifik
      (^_^) semoga sukses yaaach!

      Delete
  17. mohon infonya buu...
    saya pernah membuat gorengan dari adonan ubi jalar yg dikukus ditambah tepung terigu dan bahan2 lainnya. kemudian diulen dan dibentuk tipis2 dan digoreng. kemudian setelah didinginkan gorengan ditabur tepung gula dan dikemas dalam kemasan plastik dan di klem..
    pertanyaannya ...
    "apa resepnya agar gorengan yg telah dalam kemasan plastik tidak tampak berair dan lembap?"

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf yach saya baru balas (^_^)
      yang saya tahu, paman saya juga jualan cemilan gorengan seperti itu. Sebelum dikemas gorengan dia angin-anginkan terlebih dahulu, jadi gorengan dimasukkan kedalam kemasan dalam kondisi dingin (tidak panas, bukan berarti dingin dimasukkan kulkas yach). Nah, agar gorengan tetap renyah walau lama disimpan, bisa ditambahkan sedikit soda kue pada adonan gorengan. Selamet mencoba yach!

      Delete
  18. Nice Tutorial... thankyou!

    ReplyDelete
  19. Bunda.. Aku udh dua kali bikin resep ini dan ngikutin semua instruksi dan catatannya. Tp masih bingung nih, setelah beku kan pd nempel gitu kentangnya bund.. jadinya sy ga bs lgsg goreng stelah diambil dr freezer, dsimpn dlu d luar supaya bs dipisahin kentangnya.. keras bgt soalnya bun nempelnya. Kenapa yaa?? Minta solusinya donk bunda.. Thanksss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. (^_^) sebenarnya dalam kondisi beku & saling nempel gitu langsung di goreng juga gak pa-pa bun....kalau disimpan diluar biar pada misah nanti malah jadi lembek kentangnya....kentang walau beku & saling menyatu gitu pas digoreng dengan minyak panas bakal langsung misah-misah kok :-D
      Cara menyiasati biar gak terlalu nempel pas disimpen di kulkas bisa ditambahkan lagi tepung terigunya.

      Delete
    2. Bunda, mungkin pake alat pengering abon, yang diputer puter.. Mumgkin lebih garing..
      Oya Bund, makasih banget buat infonya,, rencana saya ingin membuka usaha kentang goreng stick. Doakan sukses ya Bund. Tanpa msg dan pengawet..

      Delete
  20. makasi bun di coba deh untuk jualan..
    www.batikcirebonan.wordpress.com

    ReplyDelete
  21. Nice post, Bund! Mau nyoba aah :3

    ReplyDelete
  22. Bun, aku udah coba diemin kentang gorengya di freezer selama 2 hari, tapi kok tetep lembek ? Gimana nih, saya hampir putus asa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah,,,seriusan?? hmmm itu kayaknya kulkas kamu yang freezernya kurang dingin (>_<)
      Kalau kulkas yang freezernya bagus, dalam waktu 2-3 jam kentang sudah bisa beku loh...saran saya simpan kentangnya di tempat yang tak pakai tutup, biar lebih cepat beku..

      Delete
  23. izin copas ya bun, mau bikin bt anak2,klo aku suka kutambahin bwg putih saat blanching...he...suka harumnya jadi ga plain bgt...sebab anakku ga suka pake bumbu bubuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan aza (^_^)
      Iya ini kan masih resep dasar cara membuat kentang goreng agar lebih garing & renyah, untuk bumbu tambahan silahkan ditambahkan sesuai selera yach :-)

      Delete
  24. Tadinya tertarik sama blog ini dari resep pancake, ternyata masih banyak yg lebih menarik, thx bun ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. (^_^) terima kasih telah berkunjung ke blog saya yach <3
      semoga resep2 yg lainnya juga disukai...happy cooking!

      Delete
  25. Saya baru ℳaU jualan kentang ini bun,, kira2 butuk kentang brpa banyak yaa untuk pemula jualannya (^_^) tq bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah,,saya kurang tau yach kalau untuk jualan (>_<) xixixi
      Memang mau jualan dimana? kalau untuk konsumsi pribadi (4 orang) saja saya butuh sekitar 2-3 kilo kentang. Nah, kalau untuk berdagang bisa dikira-kira saja yach...bisa dimulai dengan 4 atau 5 kilo saja dulu, kalau laku bisa ditambah lagi jumlahnya :-D

      Delete
  26. ingin mencoba buat kue lebaran ah.. thanks ya

    ReplyDelete
  27. Bun..kalo gak make kulkas gmna? T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai,,maaf baru balas..
      emang paling bagus disimpan di kulkas,,soalnya agar kentang dinging setelah direbus & dibaluri tepung,,kalau gak punya kulkas bisa mengakali dengan setelah direbus & dibalur tepung kentang didiamkan hingga mendingin (gak panas lagi) nah, pas mau digoreng dikasih lagi baluran tepung terigu. Kentang bakal sama renyah tapi renyahnya gak bertahan lama seperti kalau kentang dimasukkan dulu ke kulkas yaaa :-)

      Delete
  28. ini mau bikin france fries ? kenapa ga pake kentang yang memang khusus untuk itu jenisnya Pink Skin Golden Potatoes, warnanya pink dipasar banyak yang jual dijamin enak sama seperti yang di jual di kentuky, mc donald dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tau french fries yg di resto memang pakai jenis kentang import,,tapi itu kentang harganya mahal & biasanya hanya ada di kota besar (^_^) Makanya kentang goreng instan yg ada di supermarket juga harganya tinggi sekali, karena mereka pakai kentang jenis golden potatoes. Saya kasih opsi resep 'french fries' dengan kentang mentega agar bisa menekan uang belanja (untuk para ibu2) atau modal (untuk cafe kecil yg butuh resep kentang goreng ini) hehehe *hemaaaaaaaaaaaaat*

      Delete
  29. Mau tanya bunda:
    1. Apakah kentang bisa tanpa dibaluri tepung?
    2. Apakah ada cra lain kentang renyah tanpa harus ditruh di frezeer?
    3. Apakah bisa didinginkan pake es batu?

    ReplyDelete
  30. Sdh dicoba pk ubi jepang. Enak jg. Tq tipsnya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. (^_^) asyiik bagi ubi jepangnya doong,,hehehe
      masama, selamat berkreasi dgn bahan lainnya yaa

      Delete
  31. Resepnya bermanfaat ! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah senang bila resep saya bermanfaat buat anda (^_^)

      Delete
  32. Oh ya bun, kalo resepnya gini :
    1. Kentang dikupas kulitnya, lalu di iris panjang panjang.
    2. Cuci kentang sampai getahnya hilang.
    3. Rendam dengan air garam
    4. Lalu setelah itu tiriskan dr air garam.
    5. Lalu taro wadah, dan letakkan di freezer hingga 1/2 minggu.
    6. Lalu goreng kentangnya.
    7. Setelah matang, tiriskan.
    8. Kentang goreng siap saji.

    Nah itu tadi saya resepnya.
    Apakah itu bisa membuat kentang gorengnya renyah ya bun.....?


    Meskipun tanpa tepung serbaguna....?

    Tolong info dan penjelasannya yach.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rio..
      sebenarnya bisa saja ya tanpa tepung terigu, karena basicly memang resep asli kentang goreng itu tanpa tambahan tepung terigu. Disini saya memakai tepung terigu serbaguna / tepung terigu biasa untuk merenyahkan kentang & agar kentang goreng gak gampang lepek. jadi kalau gak pakai terigu memang agak lebih lama proses 'mendinginkan' kentang di freezernya..

      Resep yg kamu tulis di atas sudah benar kok tapi ada sedikit salah proses..saya benarkan ya..

      no 5. Simpan di wadah terbuka, masukkan ke dalam freezer selama 1 jam.
      no 6. Pindahkan kentang ke dalam wadah tertutup atau ziploc bag (kantong plastick yg ada perekatnya), pastikan tidak ada kentang yang saling menempel. Kemudian simpan lagi di dalam freezer selama minimal 1 hari sebelum di goreng.


      gitu aza yach yang bener,,kalo nunggu hingga 1/2 minggu kelamaan dong cuma mau makan kentang aza,,hehehe. disimpan 1 hari juga sudah cukup kok, selama freezernya masih bagus. Trus kalau mau menyimpan kentang goreng dalam jumlah banyak, dipisah-pisah dalam beberapa wadah ya biar kentangnya gak saling nempel.
      Tapi memang semakin beku kentangnya ketika digoreng akan semakin renyah, asalkan si kentang ini benar2 disimpan di tempat tertutup rapat agar tidak ada bunga es menempel pada kentang.

      (^_^) Sekian info & penjelasan dari Bunda...happy cooking!

      Delete
    2. Bun, Dari wadah terbuka ke tertutup musti ganti wadah? Ga bs tinggal di tutup aja?

      Delete
    3. Kalau wadah yang terbuka itu ada tutupnya ya tinggal pasang tutupnya juga bisa yaa..tapi kalo bunda lebih suka ganti ke wadah tertutup yg masih bersih & kering biar kentangnya gak saling lengket/nempel (^_^)

      Delete
    4. Oooo.... Oya rendam air garamnya brp lama?

      Delete
    5. Hai bun, sy dah cb dgn cara ga ditepungin ini, hasilnya maap ya buat yg pny Resep, ga okeh sm skl. Kentangnya lembek Dan berminyak skl. Cara bunda uda pernah sy cb dgn ubi n berhasil. Tks bun...

      Delete
  33. berhasil bikinnya (^_^)...mkasih bunda :D

    ReplyDelete
  34. Selamat pagi bunda....
    Saya jualan kentang goreng ulir...memang sampai sekarang msh lembek...biar kentang gag lembek...harus di rebus dulu trus simpan di frezer apa tanpa di rebus trus langsung di simpan di frezer...mogon infonya bunda?...tq

    ReplyDelete
  35. Resep kentang super crunchy ada disini,gratis buku resep untuk 1000 subcryber pertama.

    ReplyDelete
  36. permisi kak,
    kan di supermarket biasanya ada kentang beku yang udah di slice, nah kalo kita pake kentang itu jadi gimana resep/ cara buatnya?

    mohon pencerahannya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kentang yg slice yg di supermarket itu sudah siap goreng jadi gak perlu dimasak lagi dengan cara ini karena sebelumnya kentang itu sudah melalui proses frozen jadi pas kita beli tinggal goreng aza (^-^) resep ini pakai kentang utuh aza bagusnya

      Delete
  37. Sukses..makasih bund..anak2 suka..

    ReplyDelete
  38. resepnya mantap, moga bermanfaat

    ReplyDelete
  39. Hi salam perkenalan....saya dari Msia. Bagus juga resepi kentang goreng. Mesti dicuba....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung kemari Ummi Auni (^_^)

      Delete
  40. Nice resep.....
    oia bun, klw kentang biasa bisa ga bun, soalnya dr rumah sy pasarnya jauh jadinya sy beli ditukang sayur aja,

    ReplyDelete
  41. Nice resep.....
    oia bun, klw kentang biasa bisa ga bun, soalnya dr rumah sy pasarnya jauh jadinya sy beli ditukang sayur aja,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kentang biasa juga bisa kok bun reni, tapi dipilih saja yg bentuk kentangnya agak besar-besar (^_^)

      Delete
  42. Mudah2an kami berhasil memproduksi kentang varitas kripik Atlantik B 1000 ton pertama di akhir tahun 2014 ini agar para mbak dan ibu yg jelita dapat menyajikan kentang goreng yang renyah 100% sebagai french fries, kripik dan semua crispy snack kentsng lainnya. Kunjungi situs kami kentangkripik.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga sukses dengan bisnis kentangnya yaaa..Terima kasih sudah mampir kesini (^_^)

      Delete
  43. Halo Bun, saya suka kentang yang tanpa tepung alias rasa lebih alami. Tapi resep ini memakai tepung, jadi gimana biar tetap renyah tanpa pakai tepung? Biasanya saya cuma potong lalu rendam di air garam selama 15 menit, begitu air udah putih2, saya buang langsung goreng dengan minyak yang dicampur mentega agar harum. Berhubung saya tidak suka beli kentang beku karna saya lebih suka yang goreng fresh sendiri. Mohon dibalas ya Bun, trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo,,kamu bisa tetap memasak kentang dengan cara yg sering kamu lakukan plus cara yg hampir sana dengan resep ini tapi minus tepung ya.
      Kentang dipotog sesuai selera, lalu kamu rendam dengan garam, setelah itu kentang ditiriskan hingga tidak ada air tersisa lalu simpan kentang ke dalam frezeer hingga kentang agak membeku (sekitar 1-2 jam jg sdh beku kok kalau disimpan di freezer yg bagus dinginnya) setelah itu baru dech kamu goreng. Saran saya kalau menggoreng kentang minyaknya jgn dicampur mentega karena cenderung akan membuat kentang lepek. Bila ingin ada aroma yang sedikit berbeda saat menggoreng kentang, ketika merendam kentang bisa diberi parutan 1-2 siung bawang putih (bila kamu suka aroma bawang yaa)

      Delete
    2. Bund, kalau kentang tidak direbus langsung masuk freezer warnanya berubah.. Apa betul itu ya Bund ?

      Delete
    3. kalau sebelumnya tidak direbus atau tidak direndam dengan air garam, kentang akan cepat berubah warna menjadi kecokelatan ya :-)

      Delete
  44. Thx y bun resepnya, udah saya coba & yeee...berhasiiill :D lebih garing & lebih berbumbu rasanya drpd kentang beku yg dijual di supermarket, lebih murah jg pastinya,hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixi lebih murah itu yang paling utama :-D

      Delete
  45. Tapi Ibu Saya goreng kentangnya pake tepung terigu dan tepung beras juga krispy tpi cepat ga garing lagi... Mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara membuat kentang gorengnya sama seperti resep saya di atas gak? kalau tidak sama, coba dulu membuatnya seperti resep saya di atas :-) kalau belum berhasil bisa laporan lagi ke saya yach (^-^)

      Delete
  46. Thanks ya mba, infonya sangat bermanfaat banget. Nggak sabar tunggu besok pagi buat siapin ....:D

    ReplyDelete
  47. 4 jempol deh bwt mba...
    mksh bgt ya mba..,td mlm dah coba bikin...
    dannnn percobaan pertama suksesssss :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. \(^_^)/ Senangnyaaaaa...abis ini jadi makin sering goreng kentang dech, hehehe

      Delete
  48. Wah hebat banget bun sekali coba lansung nyos terasa crispynya. Tanks y resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. (^_^) senangnya bila bunda suka resep kentang goreng renyah ini

      Delete
  49. Bun klw pke labu bisa gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tehnik yang sama seperti ini bisa untuk ubi atau singkong, tp jujur kalau labu saya belum pernah coba..mungkin anda bisa memcobanya sedikit lalu ceritakan sama saya hasilnya bagaimana? hehe

      Delete
  50. bun, kalo soal ukuran kentangnya bun tolong ya bun soalnya saya biasa gak matang di dalamnya, tolong dijawab bun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak matang didalam? hmm,,berarti potongannya terlalu besar? atau memang tidak direbus terlebih dahulu? tips agar kentang matang & lembut didalam adalah merebusnya terlebih dahulu agar kentang 1/2matang & menjadi empuk....soal ukuran sebenarnya bebas ya sesuai selera tapi bisa melihat pada ukuran kentang goreng standar, tebalnya sekitar 1/2 cm, panjangnya setelunjuk jari.

      Delete
  51. Hai bun,, kira2 kalo dimasukin ke dlm freezer minimal sejam, apa overnight jg boleh? Atau kira2 maksimal didlm freezer brp lama agar kandungan zat didlm kentang masih bgs? Sy ada rencana bikin dlm jumlah yg lumayan, kemudian dibagi perporsi didlm wadah, utk digoreng sbg pelengkap sarapan ank, kira2 apa bgs dgn cara spt ini bun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Meilani, saya juga biasanya bikin dalam jumlah banyak untuk anak2 saya. Kentang ini bisa sampai 2 minggu disimpan di kulkas dengan syarat kentang tetap disimpan di wadah tertutup atau plastik kedap udara. kentangnya akan tetap terasa enak kok, its more healthy daripada kentang beku yg beli di supermarket, hehehe :-)

      Delete
  52. Saya udh coba smlm mba dan berhasil... Kentangnya renyah dan empuk didalamnya.. Makasih mba infonya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang bila anda berhasil memasak kentang goreng renyah ini :-)

      Delete
    2. Bun ijin share ya..

      Delete

Hai....Silahkan tinggalkan komentarnya yach! Saya dengan senang hati akan membaca dan membalas semua komentar. But please...jangan komen spam yach! Saya akan menghapus komen spam yang tidak berhubungan dengan postingan. Terima kasih!!!