.

.

Resep Kimchi (Makanan Korea)


resep kimchi
  
 Mengapa saya suka Kimchi? Hidangan Korea ini lezat dan juga sehat, cocok untuk lidah saya yang suka makanan asam-asam pedas gimana gitu, hehehe.
Kimchi juga kaya akan vitamin dan mineral. Karena bahan kimchi yang terdiri banyak sayuran mengandung antioksidan yang tinggi dan studi menunjukkan bahwa kimchi dapat menurunkan kolesterol, mencegah pertumbuhan kanker, dan baik untuk sistem pencernaan dan kekebalan tubuh karena mengandung bakteri sehat, Lactobacillus.

   Sooo, mengapa tidak Anda mencoba untuk membuat Kimchi di rumah Anda. Ini resep kimchi yang paling mudah (tapi sangat lezat) yang saya tahu ..



Bahan-Bahan:

- 1 buah sawi putih ukuran besar.
- 1/2  batang lobak putih, iris tipis memanjang.
- 4 batang daun bawang, iris tipis memanjang. 
- 4 siung bawang putih, parut.
- 1 ruas jari jahe, parut.
- 6 sdm bubuk cabe Korea. (kalau tdk ada bisa memakai bubuk cabe biasa)
- 2 sdt garam dapur. (butiran halus)
- 1 sdm gula.
- 1/2 gelas garam laut kasar. (butirannya yang kasar)
- air secukupnya.
- 2 sdm saus ikan Korea. (alternatifnya bisa memakai kecap ikan biasa)

Cara Mengolah:

1. Sawi dibiarkan utuh dan cuci bersih dengan air mengalir hingga ke lembar terdalam daun sawi. Pastikan sawi benar-benar bersih.

2. Campur1/2 gelas garam laut dengan air matang pada mangkok besar (atau baskom kecil). Rendam sawi pada larutan air garam selama 6 jam.

3. Setelah enam jam, angkat sawi dan cuci kembali dengan air bersih hingga ke sela-sela lipatan daun sawi agar sisa garam tercuci bersih, tiriskan. Bila suka sawi bisa dibiarkan utuh begitu saja atau dipotong menjadi dua bagian atau dipotong kecil-kecil.

4. Campurkan jadi satu gula, bubuk cabai, jahe, bawang putih, daun bawang, lobak, saus ikan, dan sedikit garam dapur. Lalu balurkan campuran bumbu secara merata ke sawi, hingga ke sela-sela lembar daun terdalam. Baluri bumbu, sambil agak di remas-remas sawinya agar cairan jus sayurannya keluar.

5. Simpan dalam wadah tertutup rapat dan kedap udara (bagusnya di toples kaca) dan biarkan sedikitnya selama 2×24 jam. Biarkan bumbu meresap ke dalam daging sawi.

6. Kimchi siap disantap sebagai makanan pembuka (seperti salad) atau dijadikan nasi goreng kimchi.


# CATATAN #
- Ini resep kimchi korea yang menurut saya paling basic dan mudah untuk dibuat, yang paling penting pas untuk lidah Indonesia.
- Resep kimchi itu berbeda-beda sesuai selera masing-masing, tetapi menganut cara pembuatan yang relatif sama (di fermentasikan). Anda bisa menambah bahan sayur yang lainnya seperti wortel, kol, sawi cina (bokcoy), timun dan masih banyak yang lainnya sesuai selera anda.
- Bila anda menyukai rasa pedas, bisa ditambah bubuk cabe lebih banyak. Bila tidak suka pedas, bisa dikurangi pemakaian bubuk cabenya.
- Jangan menyimpan kimchi yang akan difermentasikan ke dalam lemari es. Simpan toples berisi kimchi pada suhu ruangan dan proses penyimpan yang lebih lama akan lebih baik, karena fermentasi berlangsung sempurna dan rasa yang dihasilkan akan maksimal. Setelah itu, baru boleh simpan kimchi dalam lemari es.

(^_~)* SELAMAT MEMBUAT KIMCHI  
Suka dengan post ini? jangan lupa klik LIKE dan SHARE yach,,Terima Kasih!! 

152 comments:

  1. Kalo di capur cuka boleh?ato ntar rasanya jadi asem??

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik jgn di campur cuka,,takutnya jadi terlalu asem,,dengan menggunakan garam saja sudah menghasilkan rasa lumayan asam karena efek fermentasi :-)

      Delete
  2. boleh nggak, kalo ndak pake kecap ikan?

    ReplyDelete
  3. mau praktek dulu .. heheh makasih ya infonya

    ReplyDelete
  4. dri dulu pengen bgt bikin kimchi, cuz q penggemar drama korea n sering bgt liat mereka mkn kimchi dgn masakan2 yg lainnya ...so yummy so i wanna try..thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka kimchi karena ngiler kalo liat K-drama pasti pada makan kimchi (^_^)

      Delete
  5. bisa g lobaknya diganti dengan sayuran lainnya? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aza,,pada dasarnya kimchi itu seperti asinan jadi bisa pakai jenis sayur apapun. Paling mudah diganti sm wortel (^_^)

      Delete
  6. punteun mau nanya :)

    kenapa menggunakan 2 jenis garam(garam dapur & garam laut) ya???
    apakah ada perbedaan rasa kalau menggunakan garam bertekstur halus saja?

    makasih^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada waktu proses merendam sawi untuk membuat memang sangat disarankan memakai garam laut (garam yg masih berbutiran kasar & belum mengandung yodium tambahan). Karena garam laut itu bagus untuk proses fermentasi, dan akan menghasilkan kimchi yang 'sempurna' (sempurna disini artinya bagus hasil fermentasinya yg tentunya akan mempengaruhi rasanya). Sedangkan garam dapur (bertekstur halus & sudah beryodium) saya pergunakan sebagai tambahan bumbu saja karena garam halus rasanya tidak terlalu asin. Lebih bagus lagi bila ketika membumbuinya menggunakan garam laut agar mendapatkan rasa yg lebih 'kuat'. Tapi saya gak nyaranin kalau hanya menggunakan garam halus ketika merendam sawi karena nanti proses fermentasinya akan kurang bagus.

      Delete
    2. terima kasih atas penjelasannya, mba... mencerahkan banget^^

      saya sudah pernah coba membuat kimchi namun menggunakan garam dapur, pantas saja rasanya kurang mantap. kira2 garam laut dijual di supermarket ndak ya????

      Delete
    3. (^_^) iyaa,,memang kalau pakai garam biasa (garam meja/dapur) kurang asin jadi kurang men-fermentasi *ribet yach ngomongnya xixixi* kimchi itu...garam laut ada di supermarket besar, yang bagus merk Kosher Salt. merk lain / yg tanpa merk juga banyak kok, garam laut itu ciri2nya butirannya lebih besar / kasar dari garam biasa.

      Delete
    4. kalo disunda itu mungkin garam laut disebut juga "uyah gandu" ya....hehehehe

      Delete
  7. blog ini menyajikan isi yang sangat menarik untuk di baca. sekaligus desainnya begitu pas dengan isi yang di muat. thanks

    ReplyDelete
  8. kecap ikan itu yang bagaimana Bun? ku gak pny kecap ikan, alternatifnya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecap ikan itu warnanya hitam kecokelatan & teksturnya cair, biasa dijual di supermarket dgn kemasan botol kecil & harganya juga murah kok! (seperti kecap biasa). Kecap ikan ini untuk menambah aroma & rasa pada kimchi, bahan ini bisa dihilangkan saja bila memang tidak ada. (^_^)

      Delete
  9. bun, saya liat diyoutube, ada yg menggunakan kerang. menurut bunda gimana? apakah itu menciptakan rasa yg lebih beda? klo diartikel lain
    diganti dengan ebi kering.. gimana tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang kimchi itu bervariasi sekali rasanya. resep yg saya kasih ini resep kimchi yang paling dasar & gampang, hehehe. Kimchi bisa ditambah dengan bahan lainnya seperti kerang, ikan, udang atau jenis sayurannya diganti dgn lain. Jadi tergantung selera kita, tapi kalau saya lebih suka rasa yg standar (pakai kecap ikan) karena saya pernah nyoba pakai daging ikan beneran kok ya rasanya 'kuat' banget jd bikin mabok, hehehehe. Kembali lagi tergantung selera yach :-)

      Delete
  10. kalo kelamaan d rendam garamnya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelamaan di rendam di garam atau kelamaan di fermentasikan?
      kalau kelamaan di rendam di garam ketika proses awal, tidak apa-apa, kan nanti akan dicuci kembali sayurnya sebelum memulai proses fermentasi. Tapi bila kelamaan di fermentasi dalam toples di suhu ruangan akan membuat rasa kimchi menjadi semakin asam, tapi masih bisa dimakan kok. Kimchi asli korea ada yg di fermantasi selama berbulan-bulan looh!

      Delete
  11. mba, kalo pake wortel sawi pakcoy, kol, ketimun dll itu bahanny jg direndam kyk sawi putih ny ke dlm garam kasar slama 6 jam jg ato langsung loncat ke step nomor 4 aja?
    makasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh maaf,,komennya terlewat jd baru balas (>_<) kalau ada bahan sayur lainnya, bahan sayur itu juga ikut dicuci dengan garam & direndam kedalam garam kasar juga yaaach :-)

      Delete
  12. "tempoyak" orang korea heheh
    jadi penasaran rasanya kayak apa haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo penasaran silahkan bikin dirumah,,xixixixi

      Delete
  13. hmm.. enak nih aku jadi pengen cepet-cepet buat, makasih ya bun resepnya

    ReplyDelete
  14. Replies
    1. berhubung tidak memakai pengawet buatan, ya pasti ada kadaluarsanya dong. Tapiii bila kimchi yg sudah jadi disimpan di toples & dimasukkan ke kulkas bisa awet hingga 1 bln. Malah rasanya akan semakin kuat :-)

      Delete
  15. Mba.. Aku buat ko rasanya aneh yah -_- rasanya asin.. Pedes jahe.. Trus bau bawang putih :( apa aku bkin nya salah yah.. Udh gtu rasa nya ga asem.. Akhirnya aku tambahin cuka deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana ya bun Harini (^_^) emang kimchi itu sebenarnya kalau untuk lidah indo rasanya aneh bgt, makanya resepnya aku ubah dikit biar nyambung sm lidah kita. Resep aslinya pakai bawang banyak bgt plus kecap ikan khas korea yg harumnya 'semriwiiing' hehehe.

      Delete
    2. Kalo sawi doank bun gimana...

      Delete
  16. @harini.. Rasanya emg aneh, mungkin lidah org indonesia sma korea itu beda. Tampilannya sich emg menggiurkan, tapi msh enkan asinan bogor kyaknya..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju bun (^_^) enakan asinan bogor kemana-mana,,hahaha
      Kalau lidah blm terbiasa makan kimchi pasti bakal kaget luar biasa dgn rasanya yg 'ajaib' ini,,hehehehe tapi kalo udah sering makan ya ketagihan pengen makan terus :-D

      Delete
  17. ada alternatif bahan pengganti kecap ikan gak bun? susah carinya ditempatku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya kecap ikan itu untuk menambah aroma & rasa saja, yg berperan penting untuk fermentasi itu garamnya. Jadi bila memang tidak ada kecap ikan bisa diganti dengan kecap asin :-)

      Delete
    2. kalo pake kayak saus tirem gitu gmn? nyambung gag ya buat pengganti kecap ikan?

      Delete
  18. kalo mau di komersialkan gimana BUn bisa di awetkan pake apa? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. naaah,,,berhubung saya belum pernah mengkomersialkan kimchi jadi kurang tahu,,tapiii yang saya tahu kimchi itu bisa awet lama tanpa pengawet asal disimpan di tempat tertutup,,mungkin bila setelah kimchi jadi (setelah difermentasi) kimchi bisa langsung dikemas menggunakan kemasan plastik kedap udara, untuk bertahan berapa lamanya masih harus di cek, hehehe. kayaknya 1-2 bulan bisa dech, soalnya dulu pernah beli kimchi di korea & dibawa ke indo itu tetap enak walau sudah 1 bln lebih >_< *ini berdasarkan pengalaman yach*

      Delete
  19. mumallengi lebih enak...bahannya dari lobak rajang yang sudah di keringkan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mullangi (makanan india) atau moo malengi (makanan korea) yach maksudnya? xixixi 2-2nya bahannya lobak :-D

      Delete
  20. akhirnya menemukan resep kimchi yang cocok

    ReplyDelete
    Replies
    1. akhirnyaaa ku menemukanmuuuuu... *nyanyi lagu naff*
      xixixixixi

      Delete
  21. klo cabe nya diganti cabe giling biasa gmna ya bun??
    trus aq ada liat juga setelah dicampur semua langsung dimasukin kulkas,gak difermentasi diluar,,itu gmna ya,apa mempengaruhi rasa nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja tapi kalau bisa cabe gilingnya di jemur dulu hingga kering yach...Hmm kayaknya anda salah baca, hehehe. di point catatan saya tulis --> Jangan menyimpan kimchi yang akan difermentasikan ke dalam lemari es. Simpan toples berisi kimchi pada suhu ruangan dan proses penyimpan yang lebih lama akan lebih baik, karena fermentasi berlangsung sempurna dan rasa yang dihasilkan akan maksimal. Setelah itu, baru boleh simpan kimchi dalam lemari es. (^_^)jadi fermentasiinnya di suhu ruangan,,setelah selesai di fermentasikan cari disimpan di kulkas yach :-)

      Delete
  22. maknyoosss...

    http://successiseveryonesright.blogspot.com/

    ReplyDelete
  23. Ada resep kimchi yg pake air tajin/air nasi
    Itu gmn bun?


    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh saya belum pernah nyobain resep kimchi pakai air tajin,,nanti saya nyari2 resepnya dulu dech ya (^_^)

      Delete
  24. Enak lagi kalo nyimpennya di dalem tanah minimal seminggu maknyus. Aku paling suka kimchi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya juga pernah lihat cara pembuatan kimchi yang ditanam di tanah (sebelumnya dimasukkan ke dalam gentong tanah liat gitu) & mencobanya waktu di jepang. Biasanya yg bikin biksu kuil gitu *kalo gak salah* tapiii saya sendiri belum pernah mempraktekkan bikin kimchi dgn cara ditanam di tanah, abis saya kan tgl di ruko, gak ada tanah kosong buat prakteknya >_< xixixixi

      Delete
  25. Uuu.. menggoda sekali , senang bisa ketemu blok yang mendidik kaya gini, pgn jg ngeblok tp g jago nulis dan g pinter cerita, jadix kaku banget..hehe :), share terus y semangat dan inspirasinya bunda..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaa,,senangnya dipuji *melayang-layang* xixixixi
      Tapi saya juga gak jago nulis kok, banyak pelafalan kata yg salah (sangat tdk mendidik, xixixi), tanda titik-koma juga asal. Tapi emang aslinya saya cerewet jadi kalo nulis cerita panjaaaang bener! Senangnya bila ternyata 'kecerewetan' saya dlm menulis cerita disukai (^_^)
      tuh kan nulis komen ini juga udah kepanjangan, hahahaha :-p

      Delete
  26. klo boleh tau proses setelah kimchi jadi itu langsung bisa di makan atau di masak dulu...
    itu kan bahannya kan mentah semua(klo sayuran mentah gpp ci,,tp untuk ikannya misal dikasih kerang atau ebi)...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii,,,kimchi saya bisa langsung dimakan tanpa proses dimasak yach, karena kalaupun saya memakai bahan tambahan seperti ebi atau kerang, semua bahannya sudah saya masak terlebih dahulu. Misalnya mau ditambahkan kerang, kerangnya saya rebus terlebih dahulu. Bila akan memakai ebi kering, ebinya saya tumis dgn sedikit minyak dulu. Bila ingin memakai daging seafood lainnya juga bisa,,dengan syarat yg sama,,bahan dimasak terlebih dahulu jadi aman untuk dimakan. kalau bahan dagingnya mentah dikhawatirkan setelah proses fermentasi nanti bahan dagingnya malah basi (^_^)

      Delete
    2. Bunda sawi putihny yg direndam klo truh dlm sehari bisa brthn ga ?

      Delete
    3. Bunda sawi putihny yg direndam klo truh dlm sehari bisa brthn ga ?

      Delete
  27. Bun sbnernya sawinya itu drendam pake air garam atau hanya dlumuri garam aja,karena ad blog yg nulis kalo d lumuri aja trz didiamkan 2 jam si sawi akan berair sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya caranya seperti yg saya tulis di atas yach :-)
      direndam dulu,,setelah direndam dicuci bersih baru dibaluri garam lagi (berikut bumbu lainnya) Cara membuat kimchi memang ada banyak sekali, beda daerah beda cara pembuatannya. Tapi kalau saya sudah cocok pakai cara yg ini (^_^)

      Delete
  28. Kakak aq ijin save yaah, mau coba masak nantinya
    hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di save & share ke teman2 yach,,happy cooking! (^_~)*

      Delete
  29. Daebak!!! Pengen coba bun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkaaan (^_^) happy cooking yach!

      Delete
  30. bund...ijin nyoba resepnya ya.
    kalo cabe bubuknya diganti dengan cabe rawit atau cabe merah segar yang kita haluskan bisa tidak bund??? mempengaruhi rasa tidak??
    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aza kok bun...tapi cabenya dikeringkan terlebih dahulu baru digiling..pakai cabe segar yg diulek juga bisa kok,,untuk rasa jelas berbeda yach,,beda pedasnya dikit :-D

      Delete
  31. bundaaa..kok ga ikut master chef ajaaaa?? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Looh,,belum tau yaaa,,Bunda emang ikutan kok (^_^)
      lihat dech itu foto di sidebar blog,,Bunda ikutan mci season 2013,,tapi cuma sampai finalis top 60 aza,,tp gak dpt apron,,jd cuma muncul 2 episode aza di tv,,numpang lewat,,hehehe

      Delete
  32. Terima kasih resepnya yang ini simple banget XD hari ini mau bikin deh XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama..sengaja saya pilih resep yg simple, ini resep basicnya kimchi biar lidah indo bisa makan,,soalnya rasanya agak ngagetin looh,,hehehe (^_^) happy cooking <3

      Delete
  33. bun... kalo make cabe bubuk "bon cabe" gimana tuh bun? apa pengaruh ke-rasanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,,bon cabe setau saya abon cabe,,rasa cabenya udah ditambah dengan rasa lainnya & kurang pedas(kec level 10),,hehehehe
      Sebenarnya bisa aza pakai bon cabe untuk bikin kimchi, pengaruh rasanya cuma ke level pedasnya aza kok :-)

      Delete
  34. apa bumbunya perlu dimasak? apa langsung saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak perlu dimasak bumbunya,,langsung aza :-)

      Delete
  35. boleh tanya misalnya saya beli kimchi yg sudah jadi trs saya buka dari tempatnya dan saya taruh di tempat makanan plastik/tupperware apakah akan awet sama awetnya dgn disimpan di lemari es?kira2 apakah tahan sampai seminggu?soalnya saya ingin bawa kimchi selama perjalanan dan di tmpt yg tidak ada kulkasnya..trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kimchi akan awet lama kalau disimpan di kulkas atau tempat yg kedap udara yaa...kalau kimchinya mau dibawa pergi lebih baik disimpan di plastik kedap udara, plastik ziplock yg ada segel udaranya itu looh :-D setelah itu baru dimasukin ke dalam tupperware..kalau disimpan dengan cara itu kimchi bisa bertahan 2 minggu kok

      Delete
  36. Kalau ngga ada sawi putih ada alternative lain kah?


    http://www.labalumit.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya semua sayur bisa dijadikan kimchi lood,,sawi hijau, kol, wortel, semua sayuran bisa dibikin kimchi dengan cara yg sama :-)

      Delete
  37. bun mau tanya dong, proses fermentasi nya kan taruh di suhu ruang aja ya berarti. perlu ditutup2 pakai kain ato koran ga biar kedap udara nya?
    tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,,disuhu ruang,,bisa disimpan di lemari dapur gitu,,jgn sampai kena matahari yach,,,ditutup pakai tutup toplesnya bunsay,,hehehe
      Jd pakai toples kaca yg berpenutup rapat yach, kalau gak ditutup rapat nanti bisa jamuran kimchinya (^_^)

      Delete
  38. Terima kasih, resepnya mantap banget. Saya sudah mencoba membuat kimchi dan hasilnya ga beda sama kimchi yang dihidangkan di restoran Korea. Mak nyus...!
    *Heny*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiiiiik..jadi gak perlu jauh2 (& bayar mahal) untuk ke restoran korea lagi dong yaaa <3

      Delete
  39. Bundaaa pas rendam pake garam yg 6 jam itu perlu ditutupkah baskom besar ny atw dibiarkan terbuka ajaa??? Mkasih bundaaa hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama proses perendaman garam gak perlu ditutup yaa :-) dibiarkan terbuka juga gak pa-pa kok,,nanti pas proses fermentasinya baru ditutup rapat....selamat membuat kimchi <3

      Delete
  40. Terimakasih ya Bunda ...

    Resep membuat kimchi ini lugas dan mudah untuk diikuti. Sebelumnya istri saya juga suka buat masakan macem-macem lha pas coba ingin buat kimchi bingung gimana buatnya. Beruntung dapat info dari sini.

    Trims

    ReplyDelete
  41. air secukupnya ini seberapa ya Bund?

    ReplyDelete
    Replies
    1. secukupnya hingga cukup untuk merendam sawi tersebut,,karena mungkin berbeda mangkok untuk merendamnya jadi saya gak kasih takaran pastinya,,hehehe,,jadi dikira-kira saja yaa :-)

      Delete
  42. kalo garam laut kasar kira-kira beli dimana ya mbba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku beli dipasar say,,tapi di supermarket besar juga ada kok,,biasanya berbentuk bongkahan atau butiran kasar gitu..

      Delete
  43. Wah kimchi dimasak sup tulang juga enak banget. Aku makan di restoran Korea "::" Owl of Minerva" Soup bonenya sangat enak. Dihidangkan dengan cem macem tapas dan nasi. Cobain deh bikin sendiri pakai tulang iga dll sebagai sup sangat memuaskan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah terima kasih infonya (^_^) lain kali saya akan coba,,btw itu restonya ada di daerah mana ya? jadi penasaran,,,hehehe

      Delete
  44. Bun, kalo bikin kimchi sesuai takaran bun itu jadinya brpa banyak ya, atau brp toples kaca?
    Takut kebanyakan, ntar ga abis dimakan sendiri. Hihiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadinya berapa banyak tergantung gede sawi putih yg dipakai,,hehehe
      kira-kira cukuplah untuk makan sekeluarga / 4 orang..kalau kamu mau bikin sendiri, lebih baik pilih sawi putih yg ukurannya kecil & takaran bahan lainnya dikurangi setengahnya :-)

      Delete
  45. boleh di campur saus tomat gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicampur saus tomat pas sudah jadi kimchi atau pas proses membuat??
      kalau setelah jadi kimchi ya boleh2 saja,,tapi kalau selama proses pembuatan lebih baik jangan yaa,,kalau mau lebih baik ditambahkan potongan tomat saja sekalian,,tomato kimchi juga enak looh :-)

      Delete
  46. Bund,klu gapake jahe gmn?
    Rasax enk ap g yahhhh,aq br bikin smalem,tggu difermentasi dl 2 hr br mw q icip2 :D
    Duwhhhh tktx rasax tak sesuai hrpn xoxo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunsay gak suka jahe yaa??
      sebenarnya gak pa-pa sech bun, ada juga kok resep kinchi tanpa jahe..memang sech rasa jahe itu mempengaruhi rasa kimchi, tapi kalau bunda gak suka jahe malah bikin rasanya gak enak kan? *beda lidah beda selera* hehehehe

      Delete
  47. Bunda sndiri prnah masak kimchi ?
    Rsanya gimana bun ?

    #malu bertanya sesat di mulut

    ReplyDelete
    Replies
    1. (>_<) *wierd question* kalo saya gak pernah masak kimchi, gimana caranya saya nulis resep kimchi ini plus tips & triknya disini,,xixixixixi semua resep yg ada disini sebagian kreasi saya sendiri & pastinya sudah saya 'uji coba' dulu ya sebelumnnya (^_^) rasa kimchi itu asem-asem pedas *tergantung juga jenis kimchi yg dimasak*,,ya seperti makan asinan cuma kalau kimchi lebih terasa bumbu plus bau jahenya..

      Delete
  48. bunda, sy suka punya cara sendiri membuat masakan dan boleh tanya apakah cara pembuatan ini termasuk kimchi gak ?, proses awal sama dgn resep bunda, tapi sy punya sistem express...rendaman sawi dah dicuci bersih, sy rendam air panas sebentar (5 menit)
    lalu diperas, lalu dicampurin bahan bahan seperti resep bunda ,cuman tdk pake lobak + daun bawang (karna ga suka) diamkan 1/2 jam dah disajikan (rasanya makyus... tp ga tau sesuai selera lidah yg lain gak hehe)..oya mengenai cabe sy blender cabe+b.putih, + cabe kering + jeruk nipis, dll. Lalu aduk rata (jadi deh).
    maaf berlepotan bahasanya. makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh maaf ya,,kelewat komennya (>_<)
      sebenarnya kalau cara yg kayak kamu itu kayak bikin asinan indonesia, hehehe
      soalnya kalau kimchi itu memang harus lewat proses fermentasi dulu agar 'dapat' rasanya gitu, semakin lama difermentasikan semakin nikmat rasanya (^_^)
      tapi gpp kok, cara kamu lebih simple & siap santap..mungkin suatu hari nanti saya akan mencoba cara kimchi ala kamu :-D

      Delete
  49. Horree..nemu resep kimchi yg gampangg banget buat di bikin.. khamsaahammidaa :)

    ReplyDelete
  50. Maaf, mau tanya.. sy pernah liat cara buat kimchi di variety show korea, bubuk cabe nya kok agak berbeda dg bubuk cabe di indonesia ya? Warnanya terkesan agak mengkilat (hehe)... apkh bahn pembuatnya berbeda..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe mungkin karena efek lampu flash kamera kali (^_^)
      고추 가루 / chili flakes / bubuk cabe memang ada banyak macamnya ya, ada yg bentuknya bubuk bgt (biasanya kalau merk buatan dalam negeri, bentuknya bubuk), ada yang masih ada serpihan kulit cabenya. Masalah bahan pembuatnya juga, sebenarnya semuanya terbuat dari cabe merah tapi cabe merah di beda daerah sedikit beda bentuknya. Walaupun bentuknya sedikit berbeda-beda, semuanya sama-sama terbuat dari cabe merah kok. Sama-sama pedes, hehehe

      Delete
  51. Bun, tp klo pake garem halus bisa gx ?? Jadi gx perlu garam yg kasar

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya bisa aza sech pakai garam halus itu tapi proses fermentasi & rasa kimchinya jauh lebih enak pakai garam laut yg kasar :-) kalo udah kepaksa banget ya ga pa-pa pakai garam meja yang halus tapi jumlahnya sedikit dibanyakin yach

      Delete
  52. Mau nanya...
    Kan di simpen di toples kaca selama 2x24 jam..
    Simpan nya dimna yah? Kulkas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama proses fermentasi di dalam toples, toplesnya jangan disimpan di kulkas yach. Paling bagus simpan di tempat yang lembab, seperti di dalam lemari makanan, jangan sampai toplesnya terkena matahari. Kalau proses fermentasi sudah selesai baru dech bisa disimpen ke kulkas :-)

      Delete
  53. Kalau mau pake ebi, itu ebi nya mentah ato digoreng dl ? Thanks mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ebinya disangrai aja sebentar, jgn pakai minyak goreng ya biar ebinya tetap kering bebas minyak (^_^)

      Delete
  54. Bund,apakah saat merendam sawi dengan garam memakai air matang? sayuran seperti wortel dan daun bawang jg perlu direndam air garam terlebih dahulu?
    Karena td saya menggunakan air mentah utk merendam sawi dan sayuran wortel tanpa merendamnya terlebih dahulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya gak perlu pakai air matang kok bun, pakai air mentah / air keran juga gak pa-pa selama airnya bersih...trus kalau sayuran pendampingnya berupa sayuran kecil gak perlu direndam air garam dulu kok, langsung juga gak pa-pa (^_^)

      Delete
  55. Wah enak nih
    Patut di coba ...
    Kalau perlu mbak nya masakin biar jelas xixixi ...
    Thank's info mbak ☜(゚ヮ゚☜)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh-boleh..tp bahan-bahanya dari kamu yach,,jgn lupa ongkos masakinnya :-p

      Delete
  56. Oh ya lupa bilang
    Izin share ke facebook ya mbak :-D

    ReplyDelete
  57. bun,kl bikin kimci lobak mang hrs di rendem air garam 6 jam jg?

    ReplyDelete
  58. merek bubuk cabenya merek apa yahh ? soalnya pengen nyobain resep dari bunda nihh ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pakai bubuk cabe beli dari korea, suka dijual juga di supermarket besar tapi kamu bisa kok pakai bubuk cabe lokal merk bon cabe yg lebih mudah didapat (& murah), bahkan tingkat pedasnya bisa kamu pilih, hehehe

      Delete
  59. Wah kimcinya lucu pingin bikin. bahan juga mudah didapat. nunggu 2 hari rasanya gak nahaaaaaaaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo makanya bikin dari skrng, biar cepat-cepat bisa dimakan, hahaha

      Delete
  60. Untuk garam lautnya, bisa pakai garam bata yang dijual di warung-warung sayur tidak? Trims banget buat resepnya, sempat kebingungan mau bikin kimchi tpi bahan2nya bikin bingung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget, sebenarnya pakai garam lain bisa asal garamnya yang geruntulan kasar gitu *bahasa indonesianya geruntulan apa ya..xixixi* jangan pakai garam meja yg butirannya halus, karena kurang begitu asin rasanya

      Delete
  61. waah, bisa langsung dicoba ni,,,,semoga enak >_<

    ReplyDelete
  62. bun mau tanya , misalkan setelah di fermentasikan tapi tdk dimasukan ke dalam lemari es apa boleh?

    ReplyDelete
  63. mau tanya nih bun,, sawinya itu sebelum di campur bumbu dan di fermentasikan perlu direbus gag ya,, ato maksudnya direndam dengan air matang itu sebenernya air panas..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sawinya gak perlu direbus, pas direndam juga pake air matang biasa ya bukan air panas, jadi sayuran di kimchi ini gak perlu dimasak dulu, sama seperti asinan saja, semuanya mentah :-)

      Delete
    2. bunda ak mau tanya kalau stelah di fermentasi , tidak masuk kulkas boleh ga?

      Delete
    3. boleh aza, asal disimpan ditempat yang tertutup rapat & jangan terkena sinar matahari ya. tapi daya tahannya gak selama kalau disimpan dikulkas :-)

      Delete
  64. Bunda..lama permentasi dlm suhu ruang kira2 brp lama? Takut jamuran heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya makin lama difermentasi, kimchi makin enak looh! Tapiii benar2 harus harus tertutup rapat alias kedap udara ya & jangan di 'intip2' itu toples kimchi, hahaha. kalau toples/ wadah tempat kimchi di buka-buka selama proses fermantasi dikhawatirkan nanti jamuran. jadi simpan selama minimal 2 hari, maksimalnya terserah, ada yg smp 1 musim difermentasiinnya looh..tapi nanti rasa kimchinya jadi semakin 'asem' takutnya lidah orang indonesia gak cocok.jadi fermentasi maksimal 4 hari juga cukup :-)

      Delete
  65. Bun..
    Klo sawi putihny diremdam garam lbih dri 6j a m blh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merendam sawi digaramnya gak perlu terlalu lama ya,,,6 jam juga sudah cukup kok :-)

      Delete
  66. kalo beli kimchi kemasan di supermarket mesti di fermentasi dlu atau langsung dimakan bund?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yg di supermarket itu udah ready biasanya bunsay, jd tgl dimakan aza..mau difermantasiin lg juga bisa, biar lebih enak (^_^)

      Delete
  67. Bunda mau tanya. Aku gak nemu chilli powder korea, dapetnya chilli powder indonesia yg botolan kecil 65gr itu. Trs kalo dicampur sama gochujang (red chilli paste) gitu bisa gak? Kalo dengan resep nya bunda itu, berapa banyak gochujang yg harus aku pakai??
    Atau malah gak bisa pakai gochujang ya?

    Terima kasih ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok pakai chilli powder lokal biasa, dicampur sama gochujang memang lebih baik. Diresep saya gak pakai gochujang karena takutnya orang2 susah nyarinya, hehehe. Kalau mau pakai gochujang, takarannya sesuai selera aza, suka pedas atau gak? hehehe tapi kalau mau mengikuti resep saya jadinya garam & gulanya dikurangi setengahnya yach..trus bubuk cabenya 2 sdm, gochujangnya 3 sdm. Kalau suka pedas ditambahin lagi aza bubuk cabenya karena rasa gochujang itu kalau terlalu banyak jadinya malah kurang enak.

      Delete
  68. Pake toples plastik bisa ga? Hasilnya gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sarankan pakai toples kaca ya pas fermentasinya, kalau sudah di fermentasi baru bisa dipindahin ke toples plastik :-) rasanyaaaaa,,asem2 pedes gimanaaaa gitu,,hahaha di coba sendiri aza yaaa :-)

      Delete
  69. wah gak nyangka bikin kimchi itu gampang ya..makasih resepnya ya sis, nanti aku mau coba bikin ah buat pacar aku hihihihi

    ReplyDelete
  70. waaaah, sudah lama nyari resep kimchi bumbu Indonesia nih. mau nyoba dulu ya mbak :) makasih resepnyaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. masama, selamat mencoba kimchi lidah indonesia :-D xixixi

      Delete
  71. bund, kalo kecap ikan diganti sama sesame oil bisa gak?
    btw, ini resep paling gampang + penjelasan yg detail yg pernah saya baca ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kecap ikan gak sama dengan sesame oil..rasanya pasti akan beda, karena resep aslinya kan pakai kecap ikan korea yg rasanya 'strong' bgt..digantinya dgn kecap ikan indonesia yg agak 'kalem' rasanya, ada bnyk dijual di supermarket, botol kecil harganya lumayan terjangkau kok :-)
      makasih bila suka dgn resep ini, sengaja dibuat sesimple mungkin biar semua bisa nyobain, kimchi itu apa sech, tanpa harus ke korea,,hahaha

      Delete
  72. bun kalo tempat untuk fermentasikan kimchinya pake tempat plastik kyk tupperware itu bisa dgunain gak bun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. not recommended yach say...lebih disarankan memakai wadah yang terbuat dari kaca :-)

      Delete
    2. sorry kelupaan, kalau sudah di fermentasi baru bisa disimpan di wadah seperti tupperware :-)

      Delete
  73. Apa rasanya sudah diindonesiakan? Saya pengen buat tapi takut mubazir.. Selama ini makan kimchi langsung dari Korea .. Jadi rasanya memang enak dan asli kimchi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bikinnya sesuai dgn resep saya yang asli (tidak menggunakan bahan pengganti) rasanya akan sama persis dengan kimchi di korea karena memang itu bahan2 dasar untuk membuat traditional napa cabbage kimchi/basic kimchi, hehehe...tapi kalau memakai bahan pengganti, yaaa rasanya 'sedikit' indonesia :-D

      Delete
  74. mau tanya.. bubuk cabenya yg merk apa ya yg enak di buat kimchi?

    ReplyDelete

Hai....Silahkan tinggalkan komentarnya yach! Saya dengan senang hati akan membaca dan membalas semua komentar. But please...jangan komen spam yach! Saya akan menghapus komen spam yang tidak berhubungan dengan postingan. Terima kasih!!!