.

.

Resep: Ayam Goreng Tepung ala Kentucky

resep ayam goreng tepung ala kfc

 Ayam goreng tepung yang renyah kriuk-kriuk ala kentucky emang jadi favorit semua orang, apalagi anak-anak saya. Tapi kalau terus-menerus makan di restoran yaaa bisa bangkrut doong! (>_<) *dilema mau makan enak tp murah* Jangan khawatir, kita bisa memasak sendiri dirumah ayam goreng tepung yang renyah tapi tetap berasa makan di restoran khusus ayam itu. Resepnya simple banget tapi perlu sedikit kesabaran & banyak latihan agar bisa mendapat hasil yang sama kriuknya seperti di resto. Begitu anda bisa membuatnya, dijamin keluarga jadi lebih seneng makan dirumah dech, bisa buat usaha juga looh! 



**Ayam Goreng Tepung ala Kentucky**

Bahan-bahan:
-1 kg ayam, potong-potong
-1 sdt bubuk bawang putih
-1 sdt lada halus
-¼ sdt bubuk cabe merah kering
-½ sdt garam halus
-Minyak untuk menggoreng


Bahan Pelapis Cair:
-300 ml air dingin /air es
-300 g tepung terigu tinggi protein (saya sarankan cap cakra kembar)
-40 g tepung maizena
-½ sdm susu bubuk
-1 butir kuning telur
-½ sdt baking soda
-
½ sdt garam halus
-½ sdt lada halus


Bahan Pelapis Kering:
-400 g tepung terigu tinggi protein
-100 g tepung maizena
-½ sdt baking soda
-1 sdt bubuk kaldu instan rasa ayam
-1 sdt bubuk bawang putih
-
¼ garam halus (bila ingin rasa ayam pedas, anda bisa menambahkan bubuk cabe)

Cara Membuat:
1. Pelapis cair: Campur tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, baking powder, lada, garam dan vetsin. Aduk rata. Masukkan kuning telur dan air sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga tercampur rata. Simpan di dalam kulkas/tempat yang dingin.
2. Pelapis Kering: Campur semua bahan pelapis kering. Aduk rata. Sisihkan.
3. Bumbui potongan ayam dengan lada, garam, bawang putih bubuk dan cabe merah bubuk. Aduk rata. Diamkan 15 menit agar bumbu meresap.
4. Gulingkan potongan ayam ke dalam pelapis kering hingga seluruh permukaan terselimuti tepung. Celupkan ke dalam pelapis cair dan gulingkan kembali ke dalam pelapis kering sambil diremas-remas. Lakukan hingga 2 kali bila ingin ayam yang ekstra kriuk. Lakukan cara ini hingga ayam habis.
5. Panaskan minyak, goreng ayam di dalam minyak banyak dengan panas sedang. Masak hingga ayam matang, berwarna kuning kecokelatan dan kering. Angkat, tiriskan.

6. Ayam Goreng Tepung ala Kentucky siap dihidangkan bersama saus & sambal.

resep ayam goreng tepung ala kfc
Tiriskan ayam goreng tepung terlebih dahulu sebelum dihidangkan agar minyaknya hilang.

 Bagaimana, sebenarnya untuk membuat ayam goreng tepung yang renyah seperti di resto itu mudah (& tentunya lebih murah) bukan? 


(^_~)* Happy Cooking!
Jangan lupa klik LIKE & SHARE yach,,,Terima kasih!!

25 comments:

  1. wah kebetulan sekali saya lagi butuh resep ayam goreng ala kfc ini...makasih ya bun resepnya ^.^

    ReplyDelete
  2. Mau aku coba resepnya ... moga2 berhasil ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gak berhasil ya di coba lagi (^_^) gagal adalah kesuksesan yg tertunda! *termasuk gagal goreng ayam* xixixixi

      Delete
  3. Salam kenal ...

    “Makan adalah urusan nomor satu, setiap hari manusia harus makan.”.

    Inilah peluang usaha yang perlu diperhatikan oleh para pengusaha, termasuk Anda. Jika ingin mengembangkan sebuah usaha bisnis yang selalu dibutuhkan orang, maka kembangkan lah sebuah usaha Bisnis Kuliner.

    Bagi Anda yang saat ini sedang menekuni atau tertarik dengan Bisnis Kuliner terutama yang pengolahannya dengan dibakar / dipanggang, saya sarankan menggunakan Kompor Panggang Tanpa Asap.

    Kompor Panggang Tanpa Asap sangat berguna untuk membuat : Ayam Bakar, Ikan Bakar, Sosis Bakar, Bakso Bakar, Jagung Bakar dan lain-lain.

    Kompor Panggang Tanpa Asap juga sangat menguntungkan bagi Pengusaha Kuliner yang akan melebarkan sayap baik dengan membuka cabang maupun me-waralabakan usahanya.

    Info Kontak :

    Bapak Taufik.
    HP : 081548950925.

    Keterangan lebih lanjut silakan kunjungi :
    http://www.usaha-nyata.com

    ReplyDelete
  4. bund... supaya hasil gorengannya bisa keriting diapain ya bund?

    ReplyDelete
  5. makasih banyak bunda putri.. saya dah coba resepnya, hasilnya gurih dan sedap... walaupun ga pake baking powder (karena belum ada stok di rumah :) ) dan vetsin :)

    ReplyDelete
  6. hai bun... lengkap banget nih resep ayam goreng tepungnya, aku mau coba aah dirumah hehe..

    ReplyDelete
  7. aku udah nyoba bun, tapi ko pelapis cairnya kental banget ya, hampir padat gitu jadi ga bisa dicelupin. kenapa ya bun? apa perbandingan air ma tepungnya ga salah? kalo bisa tolong jawab di email ini ya kha.khalila@yahoo.co.id (ni aku pake akun suamiku)...([])

    ReplyDelete
  8. Thanks share resepnya Bunda, kereen :)

    ReplyDelete
  9. hmm.. enak nih, kayanya aku mau langsung coba.. makasih ya bun resepnyaa

    ReplyDelete
  10. kaya nya gampang nih ...aku mo cobah ah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda makasih resepnya aku pemilik depot habbassauda singaraja bali klo bikin cumi cabe hijau gmana caranya bunda?

      Delete
  11. Terima kasih banyak bund atas resep nya ^^

    ReplyDelete
  12. makasih bgt resepnya bun,sama kyk bunda punky, kok pelapis cairnya kental gt yaa? emang hrs gitu? ditunggu bgt lho jawabannya. boleh via email ke afriyani_4@yahoo.com. makasih bnyk bunda...

    ReplyDelete
  13. Mantapppppppppp....................................................................................................................................................... joozzz..................................................................................................

    ReplyDelete
  14. Bund tolong minta pesepi bumbu sate madura mksih

    ReplyDelete
  15. mau resep friedchiken yang berasa kriuk kalau digigit..? klik..http://www.dhara-friedchiken.blogspot.com

    ReplyDelete
  16. Bunda, kl pake ayam kampung bs ga???

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok bun windy,,cara masaknya pun sama persis seperti ini,,akan tetapi karena ayam kampung itu lebih sedikit dagingnya jadi pas matang tebelan tepung kriuknya daripada daging,,hehehe

      Delete
    2. :D. Tengkiuw bun, nanti aku cb.

      Delete
  17. Mungkin resep saya bisa dicoba bih bunda putri,,trik ayam tepung agar keriting
    http://ummy-shoop.blogspot.com/2013/12/trik-ayam-goreng-tepung-agar-kriting.html

    ReplyDelete
  18. Menurut saya,gak usah pakai telur sudah cukup untuk membuat ayam goreng tepung menjadi kriting dan renyah,cek disini
    Trik Hemat Membuat Ayam goreng Tepung Agar Keriting Dan Renyah lebih lama

    ReplyDelete

Hai....Silahkan tinggalkan komentarnya yach! Saya dengan senang hati akan membaca dan membalas semua komentar. But please...jangan komen spam yach! Saya akan menghapus komen spam yang tidak berhubungan dengan postingan. Terima kasih!!!